Pengertian Ila’

Friday, September 14, 2018

Faktor Timbulnya Loyalitas Kerja

Pengertian Loyalitas Kerja

Saydam (dalam Mariana dan Irfani, 2015) mengemukakan loyalitas merupakan sikap mental karyawan yang ditujukan pada keberadaan perusahaan.Menurut Nitisemito (dalam Juliani, 2009) loyalitas Kerja adalah kesetiaan yang dimiliki oleh seorang karyawan terhadap perusahaan tempat dia bekerja.

Menurut Evawati (dalam Stephani dan Wibawa, 2014) loyalitas kerja merupakan sikap positif karyawan terhadap perusahaan tempat dia bekerja, Sedangkan menurut Hermawan dan Riana (dalam Fajariani dkk, 2015) loyalitas Kerja merupakan kesadaran diri karyawan yang ditunjukan dengan kesetiaannya terhadap perusahaan walaupun perusahaan dalam keadaan terbaik danterburuk.

Berdasarkan Uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa loyalitas kerja adalah sikap setia karyawan terhadapPekerjaan, jabatan dan organisasi yang ditunjukan dengan cara sikap menjaga dan membela organisasi baik dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Aspek-Aspek Loyalitas Kerja

Menurut Saydam (dalam Mariana dan Irfani, 2015) aspek-aspek loyalitas kerja yakni :
  1. Ketaatan. Ketaatan yaitu kesanggupan seorang pegawai untuk mentaati segala peraturan kedinasan yang berlaku dan mentaati perintah dinas yang diberikan atasan yang berwenang, serta sanggup tidak melanggar larangan yang ditentukan.
  2. Bertanggung jawab. Tanggung jawab adalah kesanggupan seorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan baik, tepat waktu serta berani mengambil resiko untuk keputusan yang dibuat atau tindakan yang dilakukan.
  3. Pengabdian. Pengabdian yaitu sumbangan pemikiran dan tenaga secara ikhlas kepada perusahaan.
  4. Kejujuran. Kejujuran adalah keselarasan antara yang terucap atau perbuatan dengan kenyataan.
Sedangkanaspek-aspek loyalitas kerja yang terdapat pada individu dikemukakan oleh Siswanto (dalam Soegandhi dkk, 2013) yang menitik beratkan pada pelaksanaan kerja yang dilakukan karyawan antara lain :
  1. Taat pada peraturan. Setiap kebijakan yang diterapkan dalam perusahaan untuk memperlancar dan mengatur jalannya pelaksanaan tugas olehmanajemen perusahaan ditaati dan dilaksanakan dengan baik. Keadaan ini akan menimbulkan kedisiplinan yang menguntungkan perusahaan agar dapat mencapai tujuan.
  2. Tanggung jawab pada perusahaan. Karakteristik pekerjaan dan pelaksanaan tugasnya mempunyai konsekuensi yang dibebankan karyawan. Kesanggupan karyawan untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan kesadaran akan setiap resiko pelaksanaan tugasnya akan memberikan pengertian tentang keberanian dan kesadaran bertanggungjawab terhadap resiko atas apa yang telah dilaksanakan. 
  3. Kemauan untuk bekerja sama. Bekerja sama dengan orang-orang dalam suatu kelompok akan memungkinkan perusahaan dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai oleh orang-orang secara invidual.
  4. Rasa memiliki. Adanya rasa ikut memiliki karyawan terhadap perusahaan akan membuat karyawan memiliki sikap untuk ikut menjaga dan bertanggung jawab terhadap perusahaan sehingga pada akhirnya akan menimbulkan loyalitas demi tercapainya tujuan perusahaan
  5. Hubungan antar pribadi. karyawan yang mempunyai loyalitas kerja tinggi mereka akan mempunyai sikap fleksibel ke arah tata hubungan antara pribadi. Hubungan antara pribadi ini meliputi : hubungan sosial diantara karyawan, hubungan yang harmonis antara atasan dan karyawan, situasi kerja dan sugesti dari teman kerja.
  6. Kesukaan terhadap pekerjaan. Perusahaan harus dapat menghadapi kenyataan bahwa karyawannya tiap hari datang untuk bekerjasama sebagai manusia seutuhnya dalam hal melakukan pekerjaan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa loyalitas kerja adalah sikap setia karyawan terhadap perusahaan ditempat dia bekerja walau dalam keadaan baik maupun buruk tetap menjaga dan membela perusahaan di dalam maupun diluar pekerjaan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja

Steers dan Porter (dalam Soegandhi dkk, 2013)menyatakan bahwa timbulnya loyalitas kerja dipengaruhi oleh empat faktoryaitu:
  1. Karakteristik pribadi, meliputi usia, masa kerja, jenis kelamin, tingkat pendidikan, prestasi yang dimiliki, ras dan beberapa sifat kepribadian. 
  2. Karakteristik pekerjaan, berupa tantangan kerja, job stress, kesempatan berinteraksi sosial, job enrichment, identifikasi tugas, umpan balik tugas dan kecocokan tugas.
  3. Karakteristik desain perusahaan, menyangkut pada intern perusahaan itu yang dapat dilihat dari desentralisasi, tingkat formalisasi, tingkat keikutsertaan dalam pengambilan keputusan, paling tidak telah menunjukkan berbagai tingkat asosiasi dengan tanggung jawab perusahaan, ketergantungan fungsional maupun fungsi kontrol perusahaan.
  4. Pengalaman yang diperoleh dalam pekerjaan, meliputi sikap positif terhadap perusahaan, rasa percaya pada sikap positif terhadap perusahaan, rasa aman.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja dapat berupa Karakteristik pribadi, Karakteristik pekerjaan, Karakteristik desain perusahaan, Pengalaman yang diperoleh dalam pekerjaan.

Cara Meningkatkan Loyalitas Kerja

Menurut Anoraga dan Widiyanti (dalam Dewi, 2016) mengemukakanada beberapa cara yang di tempuh untuk meningkatkan loyalitas kerja, yaitu: 
  1. Hubungan yang erat antar karyawan 
  2. Saling keterbukaan dalam hubungan kerja 
  3. Saling pengertian antar pemimpin dan karyawan 
  4. Memperlakukan karyawan tidak sebagai buruh, tetapi sebagai rekan kerja
  5. Pimpinan berusaha menyelami pribadi karyawan secara kekeluargaan
  6. Rekeasi bersama seluruh anggota perusahaan
Faktor-Faktor Timbulnya Loyalitas Kerja

Scheneider (dalam Runtu, 2014) mengemukan bahwa faktor-faktor loyalitas adalah :
  1. Faktor utama loyalitas karyawan adalah fairness atau adil yaitu adil dalam hal penggajian, penilaian kinerja, adil dalam perumusan.
  2. Pengimplementasian kebijakan perusahaan.
Berdasarkan uraian teori diatas, dapat disimpulkan faktor-faktor timbulnya loyalitas kerja yaitu Faktor utama loyalitas karyawan, Pengimplementasian kebijakan perusahaan.

No comments:

Post a Comment