Pengertian Ila’

Saturday, August 11, 2018

ADVERTISING DAN PERSONALSELLING

Dizaman modern seperti sekarang iniperubahan sosial ekonomi membuahkan tantangan yang tidak dapat dihindarkan oleh dunia bisnis pada umumnya dan dunia pemasaran pada khususnya. Persaingan yang makin kompetitif, mengharuskan setiap pelaku dari usaha mampu menerapkan strategi yang dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Peranan pemasaran dalam hal ini, mempunyai posisi yang signifikan untuk merencanakan program pemasaran yang mampu menyentuh kebutuhan masyarakat antara ketersediaan barang dan jasa konsumen secara efektif. Semakin menjamurnya toko pertanian yang ada, hal ini membuat konsumen semakin selektif dalam menentukan pilihannya. Berdasarkan pengamatan, ada yang memilih produk karena kualitasnya dan ada juga karena harganya dan masih banyak lagi alasan yang dikemukakan. Kenyataan ini digunakan oleh setiap pelaku usaha yang ada untuk berlomba-lomba dalam memasarkan produknya dengan cara melakukan promosi sebagai alat untuk menggaet konsumennya. Hal Ini tentu ditujukan untuk keberhasilan tujuan usaha itu sendiri. menurut Kotler (2006:277),Periklanan (Advertising) merupakan sarana perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dan sebagai alat persaingan dengan perusahaan lain dalam upaya mendapat perhatian dan kesan dari pasar sasaran. Oleh karena itu sebuah pesan iklan harus benar-benar kreatif dalam penyampaianya.

Dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi, maka pesan iklan dan merek yang di sampaikan oleh perusahaan Cap Panah Merah akan memberikan kontribusi yang lebih luas dalam menciptakan daya saing produk. Melalui pesan iklan, produk Cap Panah Merah diharapkan dapat di kenal orang (Brand Awareness) walaupun konsumen belum menyadari kualitas produk, ketika kemudahan sebuah pesan iklan yang dikenal kosumen semakin banyak, maka peran iklan dapat diperluas sehingga mampu membentuk Brand Asosiattion dibenak konsumen.

Kurangnya konsumen dalam memahami iklan yang di sampaikan oleh perusahaan Cap Panah merah akan berdampak pada berkurangnya minat konsumen itu sendiri. Keputusan pembelian oleh konsumen adalah keputusan yang melibatkan persepsi terhadap kualitas, nilai dan harga Konsumen tidak hanya menggunakan harga sebagai indikator kualitas tetapi juga sebagai indikator biaya yang dikorbankan untuk ditukar dengan produk atau manfaat produk. Disinilah kita melihat sejauh mana merek dapat mempengaruhi dalam keputusan pembelian konsumen dari priklanan (advertising) dan BrandImage (Citra merek) dari produk Cap Panah Merah. Jika periklanan (Advertising) dan citramerek (Brand Image)cap panah merah dianggap positif bagi konsumen maka iklan dan citra merek akan selalu diingat, diucap kepada orang lain, maka konsumen akan memutuskan unntuk membeli Dalam hal ini, promosi merupakan medianya dan periklanan merupakan variabel promosi yang memegang peranan yang sangat penting. Tjiptono (1997). pengusaha saat ini bergantung pada tenaga penjual atau Sales Personuntuk membidik dan mencari calon pembeli yang potensial, menjadikan mereka pelanggan, kemudian mengembangkan bisnis.

Menurut Kotler (2007:172) penjualan tatap muka (personal selling) didefinisikan sebagai berikut : ”Personal selling is face to face interaction with one or more prospective purchase for the purpose of making presentations, answering question, and procuring ordersales”. ”Penjualan tatap muka adalah penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan”.

Perusahaan Cap Panah Merah adalah perusahaan yang khusus menjual bibit tanaman, seperti buah dan sayur yang merupakan jaringan pemasaran dan penjualan lokal salah satunya di Kabupaten Kerinci. Dengan menghadapi persaingan yang ketat dari pesaing-pesaing yang sudah ada yang ikut meramaikan persaingan dalam penjualan produk saat ini mereka sanggup memberikan produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. Dan untuk menghadapi persaingan dan mempertahankan produk maka kegiatan periklanan dan penjualan pribadi dilakukan oleh perusahaan.

Selain itu perusahaan setiap tahun memberikan penawaran-penawaran yang bisa menambah minat para pembeli untuk membeli produk cap panah merah, Sehingga secara tidak langsung dengan adanya penawaran atau promosi seperti itu akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.Saat ini kebutuhan akan produk benih yang memiliki kualitas tinggi semakin dirasakan penting. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan produk berkualiatas yang di harapkan bisa menghasilkan produksi yang maksimal.Kehadiran perusahaancap panah merah telah menciptakan sebuah situasi yangmemberikan kemudahan bagi para petani.Dengan adanya pengadaan iklan seperti browsure dan katalog dan juga penjualan pribadi yang di lakukan oleh perusahaan cap panah merah maka lebih efektif dalam meningkatkan penjualan produk dari Perusahaan Cap Panah Merah.

Di Desa Sungai Hangat Perusahaan Cap Panah Merah juga melakukan penjualan produknya dengan cara penjualan pribadi (personalselling) atau penjualan tatap muka baik oleh agen-agen maupun penjual yang ada di toko-toko pertanian.

Menurut Kotler (2005), “Karakteristik pembeli dan proses pengambilan keputusannya akan menimbulkan keputusan pembelian”. Bibit Cap Panah Merah adalah bibit yang memiliki kualitas yang bagus yang bisa di lihat dari teknologi anti virus yang ada pada produk Bibit Cap Panah Merah yang membuat Bibit Cap Panah Merah semakin di minati konsumen khususnya di Desa Sungai Hangat. selain faktor di atas tadi iklan (advertising) dan penjualan pribadi (personalselling) yang sudah di terapkan oleh Perusahhan Bibit Cap Panah Merah Di Desa Sungai Hangat juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen produk Cap Panah Merah Di Desa Sungai Hangat Desa Sungai Hangat adalah desa yang terletak di Kabupaten Kerinci yang rata-rata masyarakatnya berprofesi sebagai petani holtikultura seperti cabe,terong,tomat dll. Dari data yang ada di Desa Sungai Hangat jumlah keseluruhan kepala keluarga (kk) adalah sebanyak 238 dengan jumlah jiwa sebanyak 808 jiwa, dari data tersebut jumlah jiwa yang bekerja sebagai petani adalah sebanyak 410 jiwa yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dan 398 lainnya terdiri atas pedagang, PNS, mahasiswa, dan pelajar, jadi dapat di simpulkan hampir rata-rata masyarakat di Desa Sungai Hangat menggantungkan hidup dari sektor pertanian, Masyarakat Desa Sungai Hangat khususnya yang berprofesi sebagai petani hampir sebagian besarya memakai atau memilih bibit Cap Panah Merah untuk di budidayakan padahal selain bibit Cap Panah Merah masih banyak merek lain yang juga menjual bibit tanaman sayur dan buah seperti cap bunga matahari, cap kapal terbang, cap bintang asia dan masih banyak lagi merek-merek yang menjual produk serupa.Namun dari sekian banyak pesaing dari bibit cap panah merah tetap saja bibit Cap Panah Merah yang menjadi pilihan utama para petani untuk mereka budidayakan.


No comments:

Post a Comment