Pengertian Ila’

Thursday, August 9, 2018

Dampak Positif Penetapan Harga

Menurut Saladin (2006:142 dan 143) ada lima tujuan yang dapat diraih peusahaan melalui penetapan harga yaitu sebagai berikut :
  1. Bertahan Hidup (Survival)

    Pada kondisi tertentu (karena adanya kapasitas yang mengganggur, persaingan yang semakin gencar atau perubahan keinginan konsumen, atau mungkin juga kesulitan keuangan), maka perusahaan menetapkan harga jualnya dibawah biaya total produk tersebut atau dibawah harga pasar. Tujuannya adalah bertahan hidup jangka panjang, harus mencari jalan keluarnya yang lain.

  2. Maksimalisasi Laba Jangka Pendek (Maximum Current Profit)

    Perusahaan merasa yakin bahwa dengan volume penjualan yang tinggi akan mengakibatkan biaya perunit lebih rendah dan keuntungan yang lebih tinggi. Perusahaan menetapkan harga serendah-rendahnya dengan asumsi bahwa pasar sangat peka terhadap harga.

  3. Maksimalisasi Hasil Penjualan (Maximum Current Revenue)

    Untuk memaksimalisai penjualan, perusahaan perlu memahami fungsi permintaan. Banyak perusahaan berpendapat bahwa maksimalisasi hasil penjualan itu akan mengantarkan perusahaan memperoleh maksimalisasi laba dalam jangka panjang dan pertumbuhan bagian pasar.

  4. Menyaring Pasar secara Maksimum (Maximum Market Skimming)

    Banyak perusahaan menetapkan harga untuk menyaring pasar. Hal ini dilakukan untuk menarik segmen-segmen baru. Mula-mula dimunculkan ke pasar produk baru yan harga tingginya, beberapa lama kemudian dimunculkan pula produk yang sama dengan harga yang lebih rendah (tentu saja disini ada perbedaannya).

  5. Menentukan Permintaan (Determinant Demand)

    Penetapan harga jual membawa akibat pada jumlah permintaan. Pada kurva permintaan in-elastic yang lebih kecil reaksinya jika dibandingkan dengan kurva permintaan elastic yag lebih besar reaksinya

No comments:

Post a Comment