Merketing mix merupakan alat bagi pemasar yang terdiri dari berbagai elemen suatu program pemasaran yang perlu dipertimbangan agar implement strategi pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalaan sukses (Lupiyyoadi, 2008 : 75). Menurut William J. Stanton (Swasta, 2010 : 128) merketing mix adalah kombiansi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. Variabel-variabel Marketing Mix.
Dalam pemasaran jasa ada hal-hal penting yang harus kita ketahui terutama dalam penelitian ini mengunakan bauran pemasaran yang terkenal dengan marketing mix yang terdiri dari 5P yaitu : (Aditama,2009 : 124)
- Product (Produk). Produk artinya kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan olehperusahaan kepada pasar sasaran.
- Price (Harga). Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk.
- Place (Distribusi). Distribusi meliputi aktivitas perusahaan agar produk mudah didapatkan konsumen sasarannya.
- Promotion (Promosi). Promosi artinya aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk serta membujuk konsumen sasaran untuk membelinya.
- People (Orang). Dapat diartikan sebagai pemberi jasa yang harus bersikap job \ oriented dan customer oriented serta pengguna dapat dikelompokkan berdasarkan geografis, demografis, dan psikologis.
No comments:
Post a Comment