Multiple Inteligences atau sering dikatakan dengan sistem kecerdasan majemuk, ditemukan pertama kali oleh Howard Gardner, psikolog dari Harvard University. Gardner menyatakan bahwa, kecerdasan seseorang dapat dikelompokkan menjadi delapan jenis, yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan naturalis.
Teori multiple inteligences bertujuan untuk mentransformasikan sekolah agar kelak sekolah dapat mengakomodasi setiap peserta didik dengan berbagai macam pola pikirnya yang unik. Metode tersebut mendeteksi gaya belajar peserta didik, yang memahami apa yang mereka mau dan memanusiakan manusia. Penjelasan lebih lanjut setidaknya ada 8 macam kecerdasan oleh Gardner, yaitu :
- Kecerdasan Linguistik. Kecerdasan ini mencakup ranah kemampuan seseorang dalam mendeskripsikan kejadian, membangun kepercayaan dan kedekatan, mengembangkan argumen atau mengungkapkan ekspresi.
- Kecerdasan Logis-Matematis. Kemampuan untuk menggunakan angka-angka untuk menghitung dan mendeksripsikan sesuatu dengan konsep matematis, menganalisa berbagai permasalahan secara logis, menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta menelaah berbagai permasalahan secara ilmiah.
- Kecerdasan Musikal. Kemampuan untuk mengerti dan mengembangkan teknik musikal, merespon terhadap musik, menggunakan musik sebagai sarana berkomunikasi atau menginterprestasikan bentuk dan ide musik.
- Kecerdasan Spasial. Kecerdasan untuk mengenali pola ruang secara akurat, menginterprestasikan ide grafis dan spasial serta menerjemahkan pola ruang secara tepat.
- Kecerdasan Kinestetik. Kemampuan untuk menggunakan seluruh atau sebagian anggota tubuh untuk melakukan sesuatu, membangun kedekatan untuk mengkonsolidasikan orang lain dan menggunakannya untuk menciptakan bentuk ekspresi baru.
- Kecerdasan Intrapersonal. Kemampuan untuk menilai kekuatan, kelemahan, bakat, ketertarikan diri sendiri serta menggunakannya untuk menentukan tujuan, menyusun dan mengembangkan konsep dan teori berdasarkan pemeriksaan ke dalam diri sendiri, memahami perasaan, intuisi, tempramen, dan menggunakannya untuk mengekspresikan pandangan pribadi.
- Kecerdasan Interpersonal. Kemampuan untuk mengorganisasikan orang lain dan mengkomunikasikan secara jelas apa yang perlu dilakukan, berempati kepada orang lain, membedakan dan menginterprestasikan berbagai jenis komunikasi dengan orang lain, dan memahami intense, hasrat dan motivasi orang lain.
- Kecerdasan Naturalis. Kemampuan untuk mengenali, mengelompokkan dan menggambarkan berbagai macam keistimewaaan yang ada di lingkungannya.
No comments:
Post a Comment