Dalam menjalani kehidupan dan perkembangannya, setiap saat individu berada dalam kondisi diri tertentu dan menghadapi serta berinteraksi dengan kondisi lingkungannya. Layanan penepatan dan penyaluran membantu individu atau klien untuk dapat terhindar dari kondisi Mismatch atau kurang serasi, kurang mendukung. Individu dengan potensi dan kondisi diri tertentu ditempatkan pada lingkungan yang lebih serasi agar potensi yang ada berkembang secara optimal. Layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan yangmembantu menempatkan individu dalam lingkungan yang sesuai untukperkembangan potensi-potensinya. Layanan penempatan dan penyaluran ini merupakan salah satu jenis layanan yang memungkinkan siswa memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan atau program studi, program latihan dan lain-lain.
Layanan Penempatan dan penyaluran merupakan layanan untuk membantu peserta didik agar memperoleh wadah yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Layanan penempatan dan penyaluranadalah usaha-usaha membantu siswa merencanakan masa depannya selama masih di sekolahdan madrasah sesudah tamat, memilih program studi lanjutan sebagai persiapan untuk kelak memangku jabatan tertentu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan penempatan dan penyaluran berusaha mengurangi kondisi ketidaksesuaian (mismatch) pada diri individu dapat mengembangkan dirinya secara optimal, sehingga individu dapat mendapatkan tempat yang cocok bagi dirinya untuk mengembangkan segala potensi dirinya.
Sebelum layanan penempatan dan penyaluran dilaksanakan, rencana yang dibuat oleh guru BK terlebih dahulu oleh siswa(secara perorangan,kelompok,maupun klasikal) sesuai dengan keperluan. Para siswa perlu diberitahu tujuan penempatan dan penyaluranyang dilaksanakan terhadap mereka, dasar dan pertimbangan yang dipakai dan kemana masing-masing siswa tersebut ditempatkan/disalurkan. Siswa juga perlu diberi kesempatan megemukakan tenteng rencana penempatan dan penyaluran itu, dan pendapat siswa tersebut dipakai untuk menyempurnakan rencan yang sudah disusun. Akan lebih baiklagi apabila guru BK secara langsung menyusun perencanaan penempatan/penyaluran bersama siswa yang bersangkutan.
SUMBER :
- Prayitno, Seri Panduan Layanan Dan Kegiatan Pendikung Konseling, (Padang:UNP,2012)
- Fenti Hikmawati, Bimbingan Konseling, cetakan II (Jakarta PT Raja Grafindo Persada 2011)
- Suhertina, Pengatar Bimbingan dan Konseling di sekolah, (Pekanbaru, Suska Press 2008)
- Achsan Husairi, Manajemen Pelayanan Bimbingan & Konseling di Sekolah (Bogor:Arya Duta)
- Winkel dalam Tohirin Bimbingan dan konseling di Sekolah dan madrasah (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2007)
No comments:
Post a Comment