Untuk mencapai tujuan pemasaran tersebut seorang manejer harus bisa menentukan strategi pemasaran yang baik, sehingga produk tersebut bisa memenuhi keinginan konsumen, dari hasil satu strategi pemasaran adalah memadukan atau menyatukan unsur- unsur pemasaran yang lebih dikenal dengan marketing mix (bauran pemasaran).
Marketing mix menurut Malcom Dan Keegen (1999 :23) adalah suatu set variabel dalam rencana pemasaran yang dapat di kontrol yang biasanya dinyatakan dalam bentuk 4P yaitu product, price, promotion dan place. Menurut Angipora (1999 : 24) marketing mix adalah perangkat cariabel yang terkontrol yang digabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan dan yang di inginkan dalam pasar sasaran.
Assauri (1998 : 180) menyatakan marketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari dari sistem pemasaran. Sedangkan menurut kotler (2000 : 18) marketing mix merupakan campuran dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dipergunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjuakan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
Dari definisi diatas dapat diketahui bahwa marketing mix (bauran pemasaran) adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran. Jadi bauran pemasaran merupakan faktor yang penting dalam pemasaran dan boleh mengatakan merupakan inti dari kegiatan pemasaran, dan ada empat kelompok variabel dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang lebih dikenal dengan “ 4P “ yaitu :
- Produk (Product)
Produk adalah barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang digunakan oleh Pelanggan guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasannya, keputusan-keputusan tentang produk ini mencakup penawaran terhadap mutu atau kualitas, penampilan, pilihan yang ada, gaya, merk, pemasaran, ukuran, jenis, jaminan atau garansi dan pelayanan. - Harga (Price)
Harga adalah jumlah uang (di tambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Harga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan dan penjualan, sedangkan unsur lainnya hanya merupakan unsur biaya saja, karena menghasilkan penerimaan penjualan maka harga mempengaruhi tingkat keuntungan serta market share yang dapat dicapai perusahaan. - Promosi (Promotion)
Promosi merupakan cara atau usaha perusahaan untuk mempengaruhi dengan merayu (persuasive communication) calon pembeli melalui pemakaian segala unsur dalam pemasaran. - Distribusi (Place)
Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga pemasaran yang memasarkan produk, yang berupa barang atau jasa dari produsen sampai ke konsumen. Dalam distribusi ini ada tiga aspek yang berkaitan untuk mengambil keputusan-keputusan yaitu sistem transpormasi perusahaan, sistem penyimpanan dan pemilihan saluran distribusi.
Variabel - variabel tersebut harus dikombinasikan supaya terarah dan berada dalam satu pengawasan, pengkombinasian ini terutama berguna bagi perusahaan yang besar atau yang memiliki kemampuan keuangan yang kuat, sehingga dapat membuat perencanaan dibawah suatu garis kebijaksanaan yang terpadu, jika terjadi perubahan dengan cepatnya, sehingga tidak ketinggalan dalam persaingan mengikuti perkembangan pasar.
No comments:
Post a Comment